TP PKSPK2M DISKUSI PRA FGD PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN KEPULAUAN MARATUA

Written by M.Napri on Saturday September 28, 2019

SAMARINDA - Tim Pelaksana Percepatan Kerja Sama Strategis Pengembangan Kepariwisataan Kepulauan Maratua (TP PKSPK2M) yang Ketuai Dr Hj Meiliana menggelar rapat Pra Focus Group Discussion (FGD) di Ruang Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (26/9/2019).

Meiliana mengatakan rapat Pra FGD Percepatan Kerja Sama Strategis Pengembangan Kepariwisataan Kepulauan Maratua di Kabupaten Berau bertujuan menyatukan kesiapan semua pihak pelakaanaan FGD pada November 2019 di Maratua.

Meiliana berharap, wisata Kepulauan Maratua bisa menjadi destinasi obyek wisata ekslusif di Indonesia bahkan dunia.

"Kita harapkan semua pihak bersama instansi terkait mendukung pengembangan Kepulauan Maratua ini. Sehingga obyek wisata Maratua semakin maju dan mendunia," kata Meiliana.

Karena itu, Pra FGD ini dilaksanakan untuk menyusun rencana dan bahan serta data untuk kesiapan FGD di Maratua.

Diakuinya potensi di Maratua dapat dikembangkan bahkan dipromosikan bersama. Terutama seluruh Perangkat Daerah lingkup Pemprov bisa mempromosikan meskipun bukan bidang promosi wisata.

Pra FGD menghadirkan narasumber Eny Rochaidah dari Universitas Mulawarman dan Kaltim Post Group Sumurung Silaban.

Hadir Sekretaris TP PKSPK2M Tri Murti Rahayu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Tutuk SH Cahyono, perwakilan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim dan perwakilan jurnalis di Samarinda.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Read More

2 POKDARWIS KALTIM RAIH PENGHARGAAN AKWSN 2019

Written by M.Napri on Saturday September 28, 2019

JAKARTA - Dua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dari Kalimantan Timur meraih penghargaan naaional dari Kementerian Pariwisata. Penghargaan berupa Apresiasi Kelompok Sadar Wisata Nasional  (AKSWN) Tahun 2019.

Kedua pokdarwis Benua Etam itu meraih kategori Pokdarwis Berkembang. Yakni, Pokdarwis Kuala Abadi Kota Bontang meraih juara kedua dan Pokdarwis Kampung Warna Warni Kabupaten Paser juara keempat.

Penghargaan nasional di bidang pariwisata itu diserahkan langsung Mentri Pariwisata, Arief Yahya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place. Jakarta, Kamis (26/09/2019) malam.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kaltim H Siswandi mengungkapkan rasa syukur atas prestasi nasional yang diraih Pokdarwis Kuala Abadi Bontang dan Pokdarwis Kampung Warna Warni Paser.

"Prestasi nasional yang mereka torehkan membawa harum nama Kaltim di nusantara. Berarti provinsi kita memiliki potensi pariwisata hingga ke pelosok daerah," kata Siswandi usai penyerahaan penghargaan AKSWN di Jakarta.

Selain itu, sektor dan potensi pariwisata ini ternyata telah mampu memberdayakan masyarakat. Utamanya ikut terlibat dalam pengembangan kepariwisataan daerah.

"Sektor pariwisata Kaltim sangat besar. Semoga kita bisa jadi destinasi wisata nasional bahkan mancanegara dan mampu menyejahterakan masyarakat," harap Siswandi. Ditambahkannya, selain penghargaan AKWSN untuk Pokdarwis Bontang dan Paser. Juga, Kota Bangun Kutai Kartanegara tepatnya Desa Pela ditetapkan sebagai pemenang kedua katagori Pendampingan Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan.

Penghargaan diterima Ketua Pokdarwis Kuala Abadi Bontang Hj Halimah dan Ketua Pokdarwis Kampung Warna Warni Paser Ahmad Afandi. Hadir mendampingi Kepala Bidang Pengendalian Usaha Jasa Pariwisata Hj Srie Iriana serta Kasi Pemberdayaan Masyarakat Dispar Kaltim HM Taufik Nur dan pejabat lainnya.(Humas)

Read More

Desa Pela Kota Bangun

Written by M.Napri on Saturday September 28, 2019

Desa Pela yang terletak di bibir sungai Pela -- anak sungai Mahakam yang terhubung dengan danau Semayang-- di mataku sangat indah. Selain karena mudahnya melihat pesut di sini juga karena danau Semayang yang cantik itu amat indah dipandang terutama bila hari senja dan matahari istirahat di peraduannya. Sebagian.danau Semayang masuk wilayah desa Pela.

Keindahan danau Semayang inilah yang telah mengilhamiku menulis tiga buah Novel yang setting lokasinya antara lain desa Pela dan Danau Semayang. Novel itu adalah 1) Awan, 2) Aku Bulan Kamu Senja dan 3) Digdaya.

Read More

In House Trainning Videografi 2019

Written by M.Napri on Saturday September 28, 2019

Jarang-jarang Terjadi

Dinas Pariwisata Kaltim pandai memanfaatkan peluang. Saat menggelar In House Training (IHT) Videografi di Taman Salma Shofa kemarin, kulihat ada 5 orang peserta yang agak berbeda.

Mereka adalah Jana Rambova' - Czech Republic. Ermioni Vlachidou - Greece. Dushyant - India. Amanulloi Abdulmanon - Tajikistan. Hamadou Alioum -Cameroon. Siapa mereka? Mereka adalah mahasiswa Asing yang sedang mengikuti program Kemenristek Dikti yang sedang kuliah setahun di Universitas Mulawarman.

Kelima mahasiswa asing ini pernah jalan-jalan ke Dinas Pariwisata Kaltim beberapa bulan lalu. Mereka diterima ramah dan sejak itu, mereka sering berkunjung dan mengikuti kegiatan Dinas Pariwisata. Termasuk diajak menyusuri sungai Mahakam dengan kapal wisata.

Kemarin, lagi-lagi mereka diajak jadi peserta tamu IHT. Kegiatan pun menjadi ramai karena Kepala Bidang Pengembangan Karya Seni Budaya, Lukman Namanya, yang mewakili Kepala Dispar membuka acara meminta mereka untuk mengenalkan diri. Suasana IHT pun berubah ramai karenanya.

IHT sendiri diikuti oleh peserta dari kabupaten kota, pelaku wisata, backpaker, YouTuber dan pengelola destinasi wisata. Kepada peserta diberikan teori dan praktek cara membuat video pariwisata oleh Nara sumber Syafruddin Pernyata (olah suara) dan teknik merekam, mengedit dan menggunakan aplikasi video oleh Mirza Yonathan dan Deri (Exotica Kaltim).

Read More

Jelajah & CSR PLN tanam mangrove di Pangempang

Written by M.Napri on Monday November 19, 2018

Haduh aku lupa, teriakan ke Komandan Pos AL dan jelajah Taufik Hidayat masuk rekaman. Maklum baru belajar masuk YouTube. Masih kampung an yah. Pak Untung dari PLN pernah jatuh dan patah leher, saya maklum bila gak sempat cebur.

Read More

Turis Muara Muntai

Written by M.Napri on Monday November 19, 2018

Dua hari aku ditugaskan menjadi pengawal sahabatku Ahmad Herwansyah, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Kalimantan Timur ke Muara Muntai dan Kota Bangun.

Kunjungan ini untuk menindaklanjuti rencana pengembangan destinasi wisata Muara Muntai dan Kota Bangun, khususnya Pela. Menurut Pak Iwan, demikian sapaan akrabnya, bersama kawan-kawan di kedua destinasi dan Kadispar Kutai Kertanegara Bu Sri Wahyuni, selayaknya untuk disinergikan karena keduanya terkoneksi oleh sungai Mahakam dan berada tiga danau yang menawan yaitu danau Semayang, Melintang dan Jempang.

Read More

Muara Muntai

Written by M.Napri on Monday November 19, 2018

Meski hanya sehari, saat mengawal pak Ahmad Herwansyah, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Kalimantan Timur ke Muara Muntai, tapi aku melihat, kecamatan yang dulu berstatus kewedanaan ini sangat mungkin dukembangkan sebagai destinasi wisata unggulan Kutai Kertanegara bahkan Kalimantan Timur.

Muara Muntai sangat dekat dengan Danau Jantur yang molek. Dari sini juga bisa melihat ratusan ekor kerbau kalang yang hidup di rawa seakan kita berada di mancanegara. Dari sini pula Danau Jempang, danau terluas di Kaltim dengan mudah dicapai. Di ujungnya, kita bisa bertemu Tanjung Isuy, pemukiman suku Dayak yang terkenal dengan budaya dan rumah panjang atau lamin.

Read More

Bupati Degaga Lawanna

Written by M.Napri on Monday November 19, 2018

Jika setengah bulan lalu, Taman Salma Shofa dikunjungi Walikota Samarinda, Pak Syaharie Jaang, Minggu 11 November ini yang berkunjung adalah Bupati Degaga Lawanna, Bapak Rustam Effendi Lubis.

Selama ini, Pak Rustam Effendi Lubis atau dalam akun fesbuknya bernama Reff Lubis lebih dikenal sebagai Bupati Facebook. Hari ini, label itu kutambah, ia juga adalah Bupati Degaga Lawanna.

Read More