Turis Muara Muntai

Written by M.Napri on Monday November 19, 2018

Dua hari aku ditugaskan menjadi pengawal sahabatku Ahmad Herwansyah, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Kalimantan Timur ke Muara Muntai dan Kota Bangun.

Kunjungan ini untuk menindaklanjuti rencana pengembangan destinasi wisata Muara Muntai dan Kota Bangun, khususnya Pela. Menurut Pak Iwan, demikian sapaan akrabnya, bersama kawan-kawan di kedua destinasi dan Kadispar Kutai Kertanegara Bu Sri Wahyuni, selayaknya untuk disinergikan karena keduanya terkoneksi oleh sungai Mahakam dan berada tiga danau yang menawan yaitu danau Semayang, Melintang dan Jempang.

Diharapkan, Dispar Kaltim dan Dispar Kukar bersama-sama membantu untuk 'memoles' kedua destinasi agar wisatawan merasa nyaman dan aman untuk mengitari dan menyaksikan daya tarik seperti budaya tangkap ikan, kehidupan masyarakat tepi danau, keindahan panorama danau saat pagi dan petang.

Apalagi, di seputaran Kota Bangun, terutama Pela dan Muara Muntai, sejak dulu sudah dikenal sebagai habitat pesut; lumba-lumba air tawar yang hanya ada di daerah ini.

Sebagai pengawal, tentu aku berterima kasih telah diberi tumpangan dan kesempatan oleh Pak Iwan. Niatku untuk ke Pela lagi, bertemu dengan ketua Pokdarwis B3 Pela Alimin Azarbaijan dan kepala desa Pela apak asofian Noor Eyang Sepoeh jadi kesampaian.

Semoga pariwisata Kaltim semakin maju dan bermanfaat bagi perekonomian masyarakatnya.

-21118-

About author

author image
Syafruddin Pernyata

Penulis , traveler, pencinta kaltim, menulis di Unviersitas kehidupan