In House Trainning Videografi 2019

Written by M.Napri on Saturday September 28, 2019

Jarang-jarang Terjadi

Dinas Pariwisata Kaltim pandai memanfaatkan peluang. Saat menggelar In House Training (IHT) Videografi di Taman Salma Shofa kemarin, kulihat ada 5 orang peserta yang agak berbeda.

Mereka adalah Jana Rambova' - Czech Republic. Ermioni Vlachidou - Greece. Dushyant - India. Amanulloi Abdulmanon - Tajikistan. Hamadou Alioum -Cameroon. Siapa mereka? Mereka adalah mahasiswa Asing yang sedang mengikuti program Kemenristek Dikti yang sedang kuliah setahun di Universitas Mulawarman.

Kelima mahasiswa asing ini pernah jalan-jalan ke Dinas Pariwisata Kaltim beberapa bulan lalu. Mereka diterima ramah dan sejak itu, mereka sering berkunjung dan mengikuti kegiatan Dinas Pariwisata. Termasuk diajak menyusuri sungai Mahakam dengan kapal wisata.

Kemarin, lagi-lagi mereka diajak jadi peserta tamu IHT. Kegiatan pun menjadi ramai karena Kepala Bidang Pengembangan Karya Seni Budaya, Lukman Namanya, yang mewakili Kepala Dispar membuka acara meminta mereka untuk mengenalkan diri. Suasana IHT pun berubah ramai karenanya.

IHT sendiri diikuti oleh peserta dari kabupaten kota, pelaku wisata, backpaker, YouTuber dan pengelola destinasi wisata. Kepada peserta diberikan teori dan praktek cara membuat video pariwisata oleh Nara sumber Syafruddin Pernyata (olah suara) dan teknik merekam, mengedit dan menggunakan aplikasi video oleh Mirza Yonathan dan Deri (Exotica Kaltim).

Karya mereka itu kemudian dinilai oleh dewan Yuri Innal Rahman (HPI Kukar-Mahakam Explore), David Andriayawan (Trans TV-CNN) dan Andi Doddy Tisna Amijaya (Ketua Genpi Kaltim). Hasilnya, karya peserta dari Berau, Kubar, Team Nugros dan Kedang Ipil 4 terbaik antara lain karena lebih lengkap informasinya.

Peserta juga ditugaskan untuk membuat video lalu hasilnya dilihat bersama-sama. Aku sendiri ikut jadi peserta karena videografi sangat penting dalam promosi wisata di zaman sekarang karena saluran untuk promosi sudah berubah. Tidak lagi hanya pada media konvensional tapi juga melalui personal dengan media sosialnya.

Yang aku senang, empat dari lima peserta asing itu, memanfaatkan waktu istirahat berenang di kolam renang Salma Shofa. Kelak, bila mereka kembali ke negeri asalnya kuharapkan kenangan mereka berenang ini diceritakannya pula ke sahabat-sahabatnya.

Terima kasih kawan-kawan Dinas Pariwisata, khususnya pak Irvan Rivai dkk yang telah menyelenggarakan acara ini di Taman Salma Shofa dan pak Lukman, yang hadir atas nama Kepala Dinas Pariwisata. Tak lupa untuk seksi sibuk, Hery Soesanto dkk yang telah membuat perutku kenyang dengan apam, bingka, dan serabi yang maknyus rasanya. Sungguh, acara kemarin, jarang terjadi karena suasana yang berbeda.

About author

author image
Syafruddin Pernyata

Penulis , traveler, pencinta kaltim, menulis di Unviersitas kehidupan